DPP MUKI,  DPW MUKI Kaltim & Kaltara Kuker Ke IKN Nusantara 15-16 November 2023, Rindu Ada Christian Center di IKN

DPP MUKI, DPW MUKI Kaltim & Kaltara Kuker Ke IKN Nusantara 15-16 November 2023, Rindu Ada Christian Center di IKN

 

Jakarta, (WIPREDNEWS). Sesuai surat permohonan DPP Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) kepada Kepala Otorita Ibu Kota Negara (O-IKN) Nusantara untuk mengadakan kunjungan kerja ke IKN Nusantara di Kab. Penajam Paser Utama Kalimantan Timur, Bambang Susantono Kepala O-IKN memberikan disposisi kepada Deputi Bidang Sosbud dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin, Deputi Pengendalian Pembangunan Thomas Umbu Pati, dan Chief Information Officer Troy Pantouw untuk mengundang DPP MUKI dan DPW MUKI di Kalimantan dalam kunjungan 2 (dua) hari, 15 – 16 November 2023.

Rombongan MUKI memberikan masukan penting tentang perlunya Otorita IKN melaksanakan program pemberdayaan masyarakat berbasis nilai-nilai tradisional lokal setempat agar prinsip keadilan dan kesetaraan dapat tercipta di IKN. MUKI juga mengharapkan agar toleransi umat beragama menjadi program IKN agar tidak terjadi persekusi terhadap agama tertentu dalam menjalankan ibadah di IKN. Pembicaraan juga mencakup keinginan MUKI agar memiliki lahan untuk Pusat Kristiani (Christian Center) seluas 1,5 hektar dengan peruntukan Lahan parkir, Lahan penghijauan, Lahan bangunan utama untuk Gedung Pertemuan Pusat Kristiani yang mampu memuat 1.000 orang, Gedung Pelayanan Masyarakat untuk program pembelajaran dan riset untuk pendidikan toleransi umat beragama, program sosial, ekonomi dan budaya dan program pelayanan kemasyarakatan lainnya; dan Gedung Kantor Perwakilan Aras-aras Gereja dalam tugas Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat. Rombongan MUKI secara langsung menyerahkan sertifikat Penghargaan kepada Deputi IKN Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat atas Kerjasama Otorita IKN dan MUKI yang simulai sejak tahun 2023 ini.

Ev. DR. Jannus O Hutapea, Pj Ketua Umum menyatakan, “Pada hari ke dua, sesudah foto bersama di Titik Nol, rombongan MUKI meneruskan kunjungan ke Sumbu Barat sebagai akses masuk ke Deck View Menara Pandang yang berjarak sekitar 2 km dari Titik Nol. Dari Menara Pandang ini rombongan MUKI melayangkan lagu pujian kepada Tuhan Yang Maha Besar dan berdoa secara khusuk dengan mengangkat tangan sebagai simbol pengurapan Tuhan terhadap IKN dari setiap penjuru utara, barat, selatan dan timur agar Tuhan berdiri diatas kemuliaanNya untuk rencana agung pembangunan IKN Nusantara dalam berkat perlindunganNya yang Ajaib. Supervisor Bina Marga Bapak Jaki Jafung dan staf Eric menyaksikan doa rombongan MUKI dan mereka bersaksi bahwa baru pertama kali melihat rombongan menyanyi dan berdoa secara khusus menumpangkan tangan ke sekeliling lokasi IKN. Puji Tuhan.”

Rombongan MUKI dalam kunjungan resmi ke IKN terdiri dari DPP MUKI yaitu Ketua Dewan Pengawas Captain Shadrach Naibaho, Pejabat Ketua Umum Ev. DR. Jannus O. Hutapea, Sekjen Pdt Yohan Yahyadi, MTh., Waketum II Drs Sortaman Saragih, SH., MARS., dan Ibu, Waketum VI Dra Nontje Masengi, M.Hum, M.Th., Wasekjen I Pdt Drs. Budi Santoso, Wabendum III Pdt. DR. Abraham Irwan, MTh., Direktur IPKRC Ir. Agus Sujadi dan DPW MUKI Kalimantan Timur yaitu Ketua Pdt. M. Freddy Gabriel, MTh, Sekwil drs. Janes Pandeirot dan Bendahara Johny Maramis, SH. Turut mendampingi rombongan DPP di acara pertemuan dengan pihak Otorita IKN Perwakilan Balikpapan adalah Ketua DPW Kalimantan Utara DR. Wiyono Adie, S.E, MPPM.

DPP MUKI dan DPW MUKI Kalimantan Timur dan DPW MUKI Kalimantan Utara menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pejabat Otorita IKN yang terlibat mensukseskan kunjungan kerja MUKI, baik staf IKN dra Wida dan staf di kantor IKN Jakarta dan para Direktur dan Staf IKN Perwakilan Balikpapan Bpk Jordy, Bpk Eric dan staf Dandim, Kapolsek, staf PUPR/ Bina Marga, di Menara Pandang Bpk Jaki dan staf serta para Satgas di Titik Nol yang telah melayani rombongan MUKI dengan baik selama kunjungan ke kantor IKN Balikpapan dan di lokasi IKN.

Pdt Yohan Yahyadi, MTh. Sekjen menyatakan,, “Rombongan MUKI bangga atas komitmen kerja seluruh tim OIKN, Bina Marga, kontraktor dan Penyelenggara Negara yang siang malam tanpa lelah bekerja untuk membangun IKN dan pada waktu yang sama melayani tamu-tamu yang mengadakan kunjungan kerja di IKN seperti kami di MUKI.” Lebih lanjut dinyatakan “Kiranya Tuhan Yang Maha Esa akan selalu menolong Pak Bambang beserta jajaran O-IKN untuk terus mencapai target pembangunan fisik dan EKSOSBUD dan pemberdayaan masyarakat sekitar sesuai tahapan yang sudah ditargetkan. Amin.” (BHS/TGN-001/PR-DPP-MUKI)***