Kadivyankumham Jabar Disambangi Tim  Pembinaan Sadar Hukum HAM Jabar

Kadivyankumham Jabar Disambangi Tim Pembinaan Sadar Hukum HAM Jabar

Bandung (WIPREDNEWS),- Awal tahun yang membawa berkah Tgl  3 Januari 2023  hari  Selasa  merupakan hari kedua setelah pelantikan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM  menjalankan tugas di Kanwil Kemenkumham Jawa Barat  Dr. Andi Taletting  Langi, tepat hari ini bertempat di taman pengayoman (foto bersama) dilanjutkan  di ruang kerja, menerima kunjungan Pembina FPSH-HAM   Habullah Fudail (Kabid  HAM), Ida Suci Mandiri Sari (Disdik Provinsi Jawa Barat) dan Ibnu (Univ Pasundan) dan Nandi (Ketua Pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH-HAM) Jawa Barat. Menurut  Bapak  Hasbullah Fudail setelah 2 tahun tidak bisa berkegiatan maksimal  karena Pandemi Covid19 FPSHHAM Jawa Barat Kembali akan mengawali kegiatan  dengan  silaturahmi  ke berbagai  pemangku kepentingan termasuk mengawali tahun 2023, setelah berjuang  lebih 10 (sepuluh) tahun sejak 2012 untuk menggagas pembinaan kesadaran Hukum Pelajar di Jawa Barat. Bunda  Suci  menyampaikan kilas balik perjuangan FPSH HAM dimulai dari SMAN 27 Bandung dengan berangkat dari rasa keprihatinan dan  berbagai pelanggaran yang  terjadi  di linkungan sekolah  khususnya pelajar SMA dan SMK di Bandung. Maka  tahun 2011 mulailah dirintis cikal bakal dari  Forum Pelajar Sadar Hukum yang dimotori guru PPKn saat  dalam memberikan pembimbingan dan pembinaan  tentang ketaatan terhadap aturan- aturan  yang berlaku di sekolah maupun di masyarakat.

Pola pembimbingan dilakukan dengan cara diskusi dan  dengar pendapat  diantara   para siswa mengenai berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah, ternyata antusias para siswa luar biasa  disitulah  mulai terbersit untuk melalukan suatu kegiatan yang berkelanjutan  dan bermanfaat dalam  merubah prilaku dan pola pikir  nya . Dengan dukungan kepala sekolah saat itu Bapak Juli Wahyu Paridunda  kegiatan diskusi2 tersebut berlanjut dengan membentuk suatu komunitas  pecinta  mata pelajaran  PPKn. Seiring berjalanya waktu komunitas itu berubah nama menjadi Forum Pelajar Sadar Hukum ( FPSH ) sekaligus Deklarasi Forum tersebut dengan kegiatan Seminar  tentang  Pentingnya Kesadaran Hukum dikalangan pelajar tingkat Bandung Raya tahun 2012  sekaligus menggandeng  Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, FH UNPAS  dan Dinas Pendidikan Kota Bandung saat itu, sampai dengan detik ini, terutama ada secercah harapan  kepada Bapak Kadivyankumham yang baru semoga membawa Forum ini lebih memiliki makna dan manfaat bagi para pelajar khususnya dan  generasi muda Jawa Barat umumnya. Kami butuh support dan dukungan penuh jangan sia-siakan aset  bangsa dan negara ini. Nandi menyampaikan bahwa saat pandemi covid  19 forum ini seperti kehilangan orang tua, tetapi tetap berjalan berkegiatan namun hampa karena tanpa arah kemana harus  bermuara,  tapi  disaat pada titik yang lemah dan oleng,  tiba-tiba muncul seberkas cahaya datang tiba-tiba dengan kehendak Alloh SWT dengan berita yang saat ini kami dengar secara jelas dari Bapak Kadivyankumham (Bapak Andi)  munculah  semangat itu  ada dan kembali bersinar terang benderang.

Nandi berharap adanya suntikan semangat dari Kadiv yankum yang baru bisa membawa FPSH kepada ruh yang sebenarnya. Sementara Ibnu sebagai lembaga pendidikan, Unpas sangat berkepentingan untuk  menanamkan pengetahuan dan pemahaman serta praktek kesadaran Hukum dan HAM tetap bisa membumi dan dipraktekkan dalam kehidupan paska  pendidikan di kampus. Menurut Andi, FPSH-HAM ini adalah wadah yang bagus untuk menampung pelajar generasi muda, karena saat ini jangan konsen dihilir tapi dihulu nya juga harus dibenahi.  Maka saya dukung fpsh ham ini dan mari bersama tunjukkan kembali kepada publik bahwa fpsh ham masih ada. Salam Sadar Hukum. Selain itu ke berbagai kampus di Jawa Barat untuk menawarkan gagasan gagasan membumi dan milenial dalam rangka mempersiapkan generasi pelajar menyonsong tahun demokrasi. Dalam rangka FPSH HAM Go Publik maka Pembina FPSHHAM Jawa Barat , Kepala Bidang HAM Hasbulllah Fudail bersama Bunda Suci Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Ketua FPSHHAM Nandi  akan melakukan rood show ke berbagai Perguruan Tinggi di Bandung untuk melakukan kolaborasi  dengan berbagai  kampus yang ada di Bandung. (Timlipsus – Profijesarino Ubud.D/PU-008/377)