Djasarmen Purba,S.H., Jejak Senator DPD RI Berliterasi

Djasarmen Purba,S.H., Jejak Senator DPD RI Berliterasi

 

Jakarta, (WIPREDNEWS). Bila ada seorang Senator DPD RI (2009-2014) gemar menulis buku, dan menuangkan daya kreatif serta pikiran cemerlangnya dalam buku, dialah Djasarmen Purba,SH. Pria matang kelahiran Hitel Urat, Simalungun, Pematang Raya, 5 Agustus 1947 ini, awalnya dikenal sebagai pengusaha properti yang sukses di Batam. Beliau adalah tokoh masyarakat Nasrani yang taat, dan pemuka masyarakat Sumatera Utara di Batam. Djasarmen kemudian memutuskan terjun ke politik dan terpilih menjadi anggota DPRD Kota Batam periode 2005-2009. Kemudian melenggang ke Senayan menjadi anggota DPD RI mewakili dapil Provinsi Kepulauan Riau.

Pemikiran kontemplatif tentang kemausiaan, sosial, budaya, religiusitas, politik, keunggulan bangsa, dan refleksi demokrasi itu tertuang dalam beberapa karya literasinya. Antara lain : Kaki Langit Demokrasi, Jejak Sang Senator – Kiprah Djasarmen Purba Di DPD RI 2009-2014, Sapaan kasih, dan Buku: Hidup Adalah Ibadah: Anak Holang Bangkei. Tokoh yang murah hati dan ramah senyum ini, saat ini dipercaya menjadi Ketua Umum DPP MUKI (Majelsi Umat Kristen Indonesia) untuk ke dua kalinya. Suami dari Rasmi Merikany Saragih ini, pernah menjabat dalam berbagai organisasi kemasyarakatan dan profesi, antara lain : Ketua PCSI Kepri, Ketua DPD REI Batam, Ketua DPD PNI Marhaenisme Kepri, ketua LSM Dending Center DPD Kepri, serta masih banyak lagi.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Bung Karno ini, mendapatkan kesan manis tersendiri di mata para koleganya. “Pak Djasarmen itu baik hatinya, berintegritas dalam memimpin, dia cerdas dan juga bijaksana,”ungkap Caesario Colondam, Sekjen DPP MUKI, tokoh muda porensial dan enerjik yang menaruh hormat pada seniornya. “Pak Djasarmen itu fokus dalam memimpin, tapi juga berwawasan luas, yang penting lagi beliau itu aspiratif dan mau banyak mendengar untuk memeutuskan dengan smart,” papar Ev. Dr.Jannus O.Hutapea, Ketua Harian DPP MUKI yang atas anugerah-Nya, mendapatkan penghargaan 4 buku karya Djasarmen Purba,SH, yang pada kesempatan yang sama juga dianugerahkan kepada Ps.Dr.Boaz Herisanto,MH, Ketua Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DPP MUKI. “Pak Djasarmen itu pemimpin yang baik hati dan berpandangan luas serta visioner. Juga tanggap dan peduli terhadap perkembangan dan kemajuan MUKI ke depan, bahkan Beliau berani menggulirkan ide-ide munculnya departemen dan program unggulan yang berguna secara luas bagi Umat Kristen Indonesia,” papar Pdt.Philipus Setyanto,Th.M, menutup perbincangan singkat tentang figur inspiratif MUKI untuk bangsa Indonesia. (Profijesarino Ubud.D/PUD-08)***